Skip to content

Bank Syariah; Bisnis atau Politis?

November 28, 2007

Belakangan, keberadaan Bank Syariah maupun Divisi Syariah dari bank konvensional sepertinya sangat marak. Hampir semua bank, baik lokal maupun asing berlomba-lomba membuat bank syariah, baik sebagai anak perusahaan seperti Bank Syariah Mandiri dan Bank Syariah Mega, atau dengan membuka Divisi Syariah, seperti HSBC atau BII.

Pertanyaan yang muncul, apakah kehadiran mereka memang menjawab kebutuhan debitur; murni strategi bisnis, atau bermuatas politis?

Politis? Kok aneh?

Tidak ada yang aneh jika pembukaan unit usaha syariah ini bisa juga karena alasan politis. Dengan penduduk yang mayoritas muslim dan seringkali mengaikan segala sesuatu dengan yang berbau Islam, maka tak semata alasan strategi bisnis yang dijalankan. Dengan adanya embel-embel syariah dan ”Islami” maka bank-bank tersebut ingin tampil sebagai bank yang ”Islamic friendly” dan sekaligus menaikkan citra di mata masyarakat.

Soal hitung-hitungan bisnis, jika memang belum bisa meraih laba karena infrastruktur dan sumber daya yang tersedia belum memadai, ya sudah lupakan saja dulu. Anggap saja sebagai bagian dari cost of doing business. Yang penting tak akan dicap sebagai bank yang tak menghargai Islam di negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia. Wallahu’alam.

4 Komentar leave one →
  1. November 29, 2007 7:23 pm

    Kalau abang memandang dari kaca mata lain. Yaitu peluang. Karena di dalam persaingan, bank harus jeli membaca peluang. Mengingat umat muslim cukup banyak di Indonesia, maka tercipta peluang untuk memasarkan produk2 syariah.

    Kira2 begitu Nov.

  2. Desember 1, 2007 5:06 pm

    @Bang Erander
    Peluang itulah yang saya maksud dengan perhitungan bisnis murni, Bang. Kalo itu alasannya sih aya seuju. Tapi beberapa Bank besar justru hanya menjadikannya lat politis kok, kelihatan dari pertumbuhan portfolionya yang sangat lambat dan gak ada gebrakan sama sekali. Kesannya, asal ada aja😉

  3. Desember 8, 2007 2:00 pm

    Agak nyimpang dikit bang,..
    ada gosip pionir bank syariah di Indonesia itu bakalan bangkrut. bagi hasil saat ini di bank itu 78-22.
    Penjualan prodak nya tinggi tapi gak diikuti investasi.
    Bener gak tuh gosip itu? [CMIIW, maap saya bukan orang bank sih!]

  4. Desember 10, 2007 7:57 am

    @Alle
    kalo gosip itu malah aku belum denger Le,
    nanti coba aku tanya-tanya dulu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: