Skip to content

Tahun Tikus, Bisnis, dan Feng Shui

Februari 8, 2008

Semalam, saya nonton acara TV “Bloomberg Voices” di channel Bloomberg. Ada interview dengan salah seorang pakar Feng Shui, Madam Lilian Too tentang prospek bisnis di Tahun Tikus ini. Perbincangan masih berkait dengan suasana Imlek.

Menurut Madam Too, berdasarkan pergerakan mikrokosmis, maka wilayah yang banyak mengandung hoki tahun ini adalah Timur dan Tenggara, itu sebabnya menurutnya bisnis di China, Jepang, Korea akan bagus, demikian juga bisnis di Singapura dan Indonesia. Sedangkan di negara-negara barat, akan banyak konflik, bisnis akan kurang baik.

Berkait bahwa tahun ini adalah tahun Tikus Tanah, maka bisnis yang baik adalah yang berkait dengan tanah, semisal properti, real estate, dan pada semester kedua, bisnis finansial akan sangat punya prosepek, seperti perbankan. Sedangkan bisnis yang water based, seperti minyak akan tidak bagus, bahkan Madam Lilian Too berani bertaruh leher bahwa bisnis yang berkait dengan kayu (wood based) akan mati kutu. Kalo soal bisnis kayu ini, saya sendiri sudah pernah menulis bahwa wood based di Indonesia akan kehilangan pamornya. Hebahnya, Madam Lilian Too juga berani bertaruh leher bahwa harga minyak dunia akan turun dibanding tahun lalu! Let’s see madam🙂

Berkait dengan tahun Tikus Tanah ini pula, Madam Lilian Too bilang akan banyak masalah yang berkait dengan tanah, terutama gempa bumi. Ia secara spesifik bilang bahwa ia khawatir dengan kondisi Indonesia. Dalam hati saya bilang, lha iya, wong Indonesia ini ada diantara dua lempeng bumi dan punya banyak sesar gempa aktif🙂

Ada juga yang lucu, ketika ditanya oleh Bernard Lo, host acara ini, apakah Madam Too juga berinvestasi dengan menggunakan pendekatan feng shui ini, ia mengatakan ya. Meski ia mantan bankir dan seorang MBA, dia hanya menggunakan analisis teknikal sebagai masukan sekunder, tetapi justru pendekatan utamanya adalah feng shui, termasuk mencocokan feng shui CEO perusahaan yang akan dibeli sahamnya. Sebelum membeli saham, sang Madam akan melihat tanggal lahir CEO dan melihat posisinya di sebuah chart (saya lupa namanya) dan melihat prospek bisnis dari sini. Dalam hati saya mbatin, kalo mau jual beli saham mesti nyari tanggal lahir CEO dulu, telanjur harganya lari gak karu-karuan…. he he he.

11 Komentar leave one →
  1. Februari 9, 2008 10:19 am

    Hoh….😯
    Apa tukang ramal bisa ngeramal kapan dia mati ya???

  2. Februari 9, 2008 1:42 pm

    @Cabe Rawit
    kalo yang ini saya yang ngramal: gak akan bisa😆

  3. evanrama permalink
    Februari 13, 2008 2:26 pm

    saya sampe skrg belm ngeh sama yg namanya fengshui
    , apa engshui itu bisa di urai dengan logika manusia
    ———-
    lam kenal komen blog sy jg y

  4. Februari 13, 2008 2:30 pm

    @evanrama
    saya sendiri tidak begitu mengerti feng shui, tapi kata teman-teman yang meyakininya, hal itu bisa dipahami logika, yaitu menyesuaikan diri dengan kondisi alam sekitar agar tercipta harmoni. Bagaimana persisnya, saya juga gak paham:)

    btw, blog nya apaan? lupa pasang link-nya ya?

  5. Februari 17, 2008 11:33 pm

    Dalam hati saya mbatin, kalo mau jual beli saham mesti nyari tanggal lahir CEO dulu, telanjur harganya lari gak karu-karuan…. he he he.

    hihihiihi waduh bang Nov, paleng untuk nyari tanggal lahir CEO jga diliat dari feng shui jadi cepet kale😆

  6. Februari 19, 2008 8:32 am

    @almas
    hahaha, shio nya ketemu, harga saham udah gak kebeli😛

  7. Februari 19, 2008 1:49 pm

    aku mau ikut ngeramal……!!!!! jika saya lihat dari PENG SUI (PENGLIHATAN SUPER IRIT) akan terjadi ledakan tertawa jika ramalan MADAM LILIAN TOO sedikit meleset tentang harga minyak dunia akan turun, Harga minyak dunia mungkin mau turun, tapi di INDONESIA akan meningkat, karena minyak di indonesia di bawa oleh TIKUS2 j

  8. Februari 19, 2008 1:58 pm

    @BH
    di bawa tikus kemana Mas? ke Singapur maksudnya?😆

  9. Jennifer permalink
    Februari 2, 2009 10:28 am

    Madam berani bertaruh leher tentang harga minyak dunia di tahun 2008, dan sekarang kita sudah memasuki tahun 2009.

    Apakah dugaan madam tersebut benar?
    saya rasa fengshui adalah ilmu bukan ramalan. Jika hanya ramalan, siapa yang berani bertaruh leher dan dipublikasikan di TV Bloomberg yang ditonton seluruh dunia.

    I believe in feng shui and Well done Madam, I think you are the only one predict the oil price will go down, because at that time in 2008, we still remember the oil price shooting up to $150, and now 2009, the price has gone down to below $50.

  10. Februari 3, 2009 9:10 am

    @Jennifer

    Saya tidak mengatakan bahwa feng shui itu sama dengan ramalan. Rasanya tidak ada kata-kata itu di postingan di atas.

    Dalam hal harga minyak dunia, Madam Lilian benar, dan saya akui saya salah memandang remeh prediksi beliau. Tapi dalam hal bisnis perbankan yang akan dikatakan akan “brightful” di semester kedua, kita melihat justru sebaliknya bukan?

  11. September 22, 2009 2:57 pm

    wew . .
    good one . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: